Waspada Diabetes Pada Usia Lanjut

Waspada Diabetes Pada Usia Lanjut

Orang-orang berusia lanjut atau usia di atas 65 tahun wajib menjaga kesehatannya dengan baik jika tidak ingin terkena penyakit kronis, seperti diabetes. Sebanyak 1 dari 4 orang Amerika yang berusia 65 tahun ke atas terkena diabetes tipe 2, sementara di Indonesia, 2 dari 3 penderita diabetes tidak tahu bahwa dirinya menderita diabetes. Bahkan, diabetes di usia lanjut dapat mengakibatkan komplikasi yang serius, seperti penyakit jantung dan ginjal.

Diabetes memang dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Namun, berikut adalah orang-orang yang lebih berpotensi terkena diabetes di usia lanjut:

  • Orang yang berusia 45 tahun atau lebih yang memiliki hipertensi
  • Orang yang berusia 45 tahun atau lebih yang memiliki berat badan berlebih (obesitas)
  • Orang yang berusia 45 tahun atau lebih yang memiliki 1 atau lebih anggota keluarga yang terkena diabetes
  • Memiliki riwayat serangan jantung
  • Memiliki riwayat gula darah tinggi pada masa kehamilannya

Gejala diabetes di usia lanjut hampir sama dengan ciri-ciri diabetes pada usia produktif, yakni frekuensi buang air kecil yang sering, rasa haus yang terus menerus, dan lelah yang tidak kunjung hilang meskipun sudah beristirahat.

Komplikasi dari diabetes di usia lanjut pun lebih banyak dibanding diabetes di usia produktif. Gangguan penglihatan dan pendengaran kerap terjadi pada penderita diabetes di usia lanjut. Hal tersebut dikarenakan kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah retina dan saraf dalam telinga.

Untuk menghindari gejala diabetes di usia lanjut ini, para manula sangat disarankan untuk mengontrol gula darahnya agar tetap normal. Biasakan gaya hidup dan pola makan yang sehat untuk menghindari diabetes pada manula. Konsultasikan kepada dokter mengenai gaya hidup sehat yang harus dijalani untuk mencegah diabetes di usia lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *